Rabu, 26 September 2012

Serunya Mancing Beunteur dan Jaer



Mancing ikan beunteur dan mujaer ternyata seru juga, inilah yang Saya rasakan ketika memancing ke dua ikan ini di Megamendung, Jawa Barat. Kolam yang berhubungan langsung dengan kali menjadi habitat kedua ikan ini.

Senin (10/9) pukul 09.00, MB mendapatkan ajakan dari Tom Partomo untuk menjajal mancing dengan joran super lentur yang terbuat dari bahan fiber. “Yu, mancing beunteur dan jaer sambil ngetest joran yang baru Saya buat,”ajak Tom ke Saya.

Saya pun langsung meluncur ke Veteran,  Bintaro. Setelah menempuh waktu ± 2 jam, kami sampai di lokasi. Untuk memancing ikan beunteur dan jaer kami telah mempersiapkan mata kail dengan ukuran 0.3, timah bolong berukuran kecil agar umpan cepat tenggelam, senar ukuran 0.12, pelampung dan joran costum berbahan fiber yang sangat lentur.

Piranti yang kami persiapakan ini memang dibuat/dipersiapkan untuk menjajal betotan ikan kecil agar ketika strike dan fight joran terlihat melengkung. Walau memulai mancing di siang hari namun cuaca di lokasi sangatlah sejuk mengingat lokasi yang berada di Puncak, Jawa Barat.

Umpan yang kami pergunakan ialah umpan instant bubuk siap pakai yang kami buat dengan mudah. Strike pertama berhasil diperoleh Tom yang berhasil langsung mendapatkan ikan beunteur.

Terlihat joran buatannya melengkung dan bergetar ketika fight dengan beunteur buruan. Walaupun ukuran dan bobot ikan beunteur tidak lah besar namun ketika kita mempergunakan piranti yang tepat maka sambarannya sangat mengagetkan.

Selanjutnya giliran Saya yang juga berhasil memperoleh beunteur. Wow, seru juga ternyata tarikan ikan beunteur. Tak hanya ikan beunteur yang kami peroleh, ikan mujaer pun juga tak luput menyantap umpan yang kami kailkan.

Kami berdua terus memperoleh ikan beunteur dan jaer, walau lebih banyak ikan jaer yang melahap umpan tidak menyurutkan niat kami untuk tetap memperolah ikan beunteur. Ikan beunteur juga dapat dipancing dengan menggunakan umpan cacing dan kroto, bahkan ada pula racikan khusus yang dibuat dari snack.

Waktu memasuki sore hari, kami langsung mengemas piranti untuk menyudahi trip ngebeunteur kali ini. Sungguh pengalaman mancing ikan kecil yang tak terlupakan. MB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar