Kamis, 21 April 2011

Tips dan Trik

Mancing Fly Fishing

Mungkin teknik mincing fly fishing masih kurang popular dikalangan mania mincing, namun teknik mincing fly fishing tidak kalah menariknya dengan teknik mancing casting yang mulai ramai digemari mania castingers.

Butuh ketelitian dan kesabaran tinggi dalam menggunakan teknik mincing fly fishing pasalnya cara mengayun joran dan fly line (nama senar yang digunakan) haruslah padu dalam dua gerakan maju dan mundur dalam melontar umpan, ini yang menjadi teknik standar pada fly fishing.

Pada penggunaan piranti fly fishing haruslah yang memang sudah tertera pada joran atau ril yang akan digunakan. Misalnya, tertera pada spek joran penggunaan line 12 lbs dan ril juga mengikuti 12 lbs begitu pula dengan fly line harus mutlak juga 12 lbs.

Alasan menyesuaikan dengan spesifikasi yang ada untuk memudahkan dalam melontar umpan karena, menurut David Leonad atau yang biasa disapa Planet Diving Bali (PDB), jika tidak sesuai dengan spek yang ada akan berdampak pada lemparan umpan saat dilontarkan atau diayun dengan khas lemparan fly fishing.

PDB menambahkan, pada penggunaan fly line yang perlu diperhatikan adalah cara menyambung antara leader to leader. Maksudnya pada penggunaan fly line semakin ke atas semakin mengecil, sepeti contoh terlebih dahulu menggunakan line ukuran 30 lbs, 15 lbs dan 5 lbs. Sedangkan panjang leader yang ideal yang digunakan adalah sepanjang jorang fly yang digunakan.

Buat para mania yang ingin berlajar atau pemula dalam menggunakan teknik fly, PDB menganjurkan jika arah lemparan yang tepat berkisar antara jarum jam ke angka 11 dan angka 2. Sedangkan cara menyiasati agar dapat melontar umpan dengan jauh atau cara melontar umpan yang benar dengan cara tetap menjaga agar fly line tidak menyentuh tanah atau air saat mengayunkannya.


Pastinya anda akan bertanya bagaimana jika umpan dimakan oleh ikan buruan? Trik ini dapat disiasati dengan menempelkan ril yang berada dipangkal joran ditempelkan pada dada atau perut. Karena jika anda menahan dengan tangan dan jika ikan yang didapat berukuran besar maka cara ini tidak efektif, karena dapat membuat panas tangan.

Demikian ulasan singkat yang diberikan PDB kepada Mas Boy (MB), semoga dapat membantu untuk para mania yang ingin memulai mancing dengan teknik fly fishing. Terakhit, ”Sebagai masukan untuk pemula, pilihlah rod atau joran yang lentur karena kelenturan pada joran mempengeruhi pada lemparan. MB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar