Senin, 23 Januari 2012

Freshwater-Godong Ijo

Primadona Baru Sistem CnR

Buat di pemancingan nampaknya penerapan sistem CnR seakan menjadi trend baru dikalangan mania mancing. Sudah ada beberapa pemancingan yang menerapkan sistem CnR. Aplikasinya pun terinspirasi dari pemancingan yang ada di negeri seberang, yaitu Thailand dan Malaysia.

Seperti halnya di pemancingan Godong Ijo, Cinangka Raya, Bojongsari, Depok. Awalnya pemancingan ini buka pada bulan Mei 2009, dengan menerapkan sistem mancing kiloan. Seiring berjalan selama satu tahun atau tahun 2010, Chandra Gunawan Hendarto, selaku pemiliknya menerapkan sistem CnR.

Saat itu jenis ikan lele dan patin dengan ukuran mulai dari 4-10 kg. Ikan dari dua jenis ini didatangkan dari Karawang dan Jawa Timur. “Terkadang pemancing berkomentar untuk enggan membawa pulang ikan, oleh karena itu dibuatlah aturan CnR,” ujar Sarman selaku pengelola pemancingan Godong Ijo.

Di tahun 2011, pemilik memasukan ikan jenis khan ke dalam kolam. Total ikan jenis khas yang ada hingga kini sebanyak 87 ekor dengan ikan terberat 37 kg sebanyak 4 ekor. Total ikan lele dan patin sebanyak 3 ton, terberat patin 16 kg dan lele 14 kg. Sedangkan total ikan mas yang ada berkisar 5 ton.

Jangan ditanya ketika anda bisa berhasil strike ikan jenis khas, sensasinya sungguh luar biasa ampuh tarikannya. Dibutuhkan minimal waktu 45 menit untuk mania mancing yang memiliki tenaga ekstra dan lihay dalam teknik mancing, waktu tercepat untuk menaikan ikan ukuran 20-25 kg.

Dari data yang MB peroleh bahkan ada mania mancing yang membutuhkan waktu hingga dua setengah jam untuk dapat menaklukan jenis khan berukuran 32,5 kg, woow luar biasa.

Saat MB mendatangi lokasi terlihat pula empat pemancing wanita yang sedang mancing. Adalah Jeny, Ossy, Hanny dan Lies yang sedang asik merasakan sensasi strike ikan buruan, namun sayang ke empat pemancing wanita ini belum mujur untuk merasakan sensasi tarikan jenis khan.

Di Godong Ijo sendiri memang memudahkan bagi pemancing bagi yang ingin tidak repot karena pihak Godong Ijo juga memfasilitasi piranti pancing dengan menyewakannya. Untuk joran dan ril kelas 8 kg panitia menetapkan sewa sebesar Rp 20 ribu dan untuk joran dan ril yang kelas 8 kg ke atas atau khususnya untuk berburu jenis khan, pengelola mematok harga sewa Rp 50 ribu.

Aturan Main

Di Godong Ijo, pengelola menetapkan tiket sebesar Rp 100 ribu untuk satu sesi selama empat jam persatu joran dan wajib menggunakan satu mata kail berukuan nomer 12. Sedangkan bagi yang ingin mengikuti jackpot, para mania dikenakan biaya Rp 150 ribu dengan ketentuan yang sama. Adapun kategori jackpot terbagi menjadi dua, yaitu jackpot harian dan bulanan.


Dari tiket sebesar Rp 150 ribu dibagi menjadi dua dengan rincian, Rp 20 ribu untuk masuk ke jackpot harian dan Rp 25 ribu untuk jackpot bulanan selebihnya untuk administrasi. Para mania juga akan dibantu oleh tenaga kedi yang terlatih dan untuk dapat berpose dengan ikan jenis khas para mania wajib nyemplung ke kolam.

Sebelum mulai mancing, para mania dapat membeli ikan mas terlebih dahulu oleh panitia. Tiga ekor ikan mas berukuran 2-3 jari seharga Rp 10 ribu, atau dapat pula menggunakan pelet. Untuk umpan yang dilarang adalah daging ayam dan usus.

Hal ini dilakukan untuk menghindari kematian pada ikan, maklum ikan ini membutuhkan waktu lama untuk bias mencapai ukuran jumbo. Godong Ijo buka setiap hari dari pukul 09.00-22.00.

Sarman-Pengelola Godong Ijo
Di Booking Hari Kamis


Eits… nanti dulu jangan salah persepsi akan pengertian di Booking hari kamis. Maksudnya adalah Sarman kerapkali di telp para mania untuk membooking tempat atau saung. Pasalnya jika dating dadakan pada hari sabtu dan minggu takut pemancing yang tidak dapat lapak.

Oleh karena itu biasanya pemancing sudah mulai membooking tempat pada hari kamis. Bahkan tidak hanya meminta lapak saja, terkadang ada pula yang sekalian booking piranti pancing sewaan.

Undian Gratis Mancing
Monster Fish Fishing in Thailand


Sejak diterapkan sistem CnR di Godong Ijo, Chandra Gunawan Hendarto memberikan apresiasi kepada para mania yang mancing di tempatnya dengan cara memberikan kupon undian untuk enam orang yang akan diundi pada tanggal 8 Juli 2012.

Setiap belanja tanaman, makan dan mincing senilai Rp 100 ribu berhak mendapatkan satu kupon undian, berlaku pula kelipatannya pada hari yang sama.
Pemenang akan dibawanya untuk mancing di Bungsamram, Thailand, selama 4 hari 3 malam. So… tertarik untuk mancing di Thailand? Sebelumnya rasakan dulu sensasi strikenya di Godong Ijo, kolam dengan luas 80x20 dan dalam 5 meter ini siap untuk menantang adrenalin anda.

Jenny Suhendra
Lady Angler


Disela aktifitasnya Jenny turut menyempatkan diri bersama teman-temannya untuk mancing di Godong Ijo. Meski tergolong pemancing pemula namun Jenny terlihat asik memainkan jorannya ketika strike dengan ikan buruan.

Sayang Jenny belum berhasil menaikan ikan Jenis Khan. “Saya akan kembali lagi untuk bisa menaklukan ikan Jenis Khan,” ujar Jenny Saat dikonfirmasi MB. MB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar