Kamis, 23 Juli 2009

LURES ANATOMY

Anatomy umpan buatan atau lures, atau yang lebih sering dikenal dengan minnow terbagi antara lain lidah (bib), titik tundaan dan titik sambungan kail. Mari kita bahas satu-persatu.

Lidah (Bib)
Lidah ini adalah plat untuk menggoyangkan minnow. Bentuk permukaan, sudut dan posisi lidah pada kepala minnow semuanya mempengaruhi aksi dan kedalaman selam minnow. Lidah ini juga mempegaruhi kestabilan umpan, yaitu kecepatannya dan apabila kena struktur atau dasar.
Permukaan lidah termasuk sudut pemasangannya menentukan berapa banyak tekanan air merintanginya. Inilah yang memandu umpankebawah dan mengatur kedalaman selam umpan.
Pada umumnya lidah yang dipasang tegak lurus (90 derajat) akan membuat umpan berenang tetap dekat permukaan air, manakala dipasang mendatar akan membuat umpan menyelam dalam. Bagaimanapun ini bukanlah faktor utama, karena masih banyak hal lain yang mempengaruhi gaya renang umpan. Semakin tegak lidah semakin lebar aksi lenggang umpan dan semakin memperlahankan gelombang frekuensi renang umpan.
Walaupun seringkali lidah berwarna bening (clear) lebih disukai karena lebih realistik lidah metalik atau berkilat juga bisa memikat perhatian ikan dati kilauannya. Lidah besi juga mempengaruhi berat dan keseimbangan umpan. Kekuatan lidah haruslah dipertimbangkan jika hendak melakukan casting ke arah objek keras seperti batu dan kayu, lebih-lebih lagi jika titik tundaan terletak dilidah.
Pada umumnya lidah yang tirus (menyempit) akan membuat minnow bergoyang dengan kencang, manakala lidah yang melebar memberikan aksi golekan besar atau melenggang kangkung. Lidah berujung tirus akan lebih stabil pada kecepatan tinggi. Lidah yang berbentuk mangkok akan menghasilkan aksi yang lebih kencang dan dapat menstabilkan minnow (umpan). Semakin rapat lidah terpasang ke garis pusat mendatar semakin kencang aksinya.

Titik tundaan (tow point)
Ketepatan pemasangan titik tundaan ini pada titik keseimbangan hidrodinamis akan menentukan apakah minnow berenang lurus atau serong ke kiri atau ke kanan. Ini juga akan mempengaruhi jenis aksi yang dimiliki umpan dan berapa cepat umpan bisa dimainkan sebelum umpan menjadi tidak stabil dan melompat keluar dari air. Walaupun bergeser 1mm akan berefek sangat besar.
Pada minnow yang titik tundaannya terpasang pada moncong minnow, bisa merubah aksi renang minnow dengan menggunakan tang, bengkokkan ke bawah agar aksinya lebih kencang atau ke atas agar lebih melenggang.
Aksi minnow juga dipengaruhi oleh ikatan antara kenur dan leader atau titik tundaan. Karena moncong minnow perlu untuk mengatasi tekanan air apabila ditarik, dan semakin kentara apabila kenur yang dipakai tebal. Sambungan yang dipakai harus ada seksi yang melengkung, agar minnow dapat bergerak dengan bebas oleh itu lebih baik kita gunakan split ring pada tow point dan disambungkan dengan leader melalui clip assist/peniti (Hawaiian hook atau sinker hook).
Minnow yang tidak bisa berenang dengan baik dapat di setel dengan membengkokkan titik tunda ke arah yang anda mau, berlawanan arah dengan arah renang minnow, misalnya jika minnow berenang lebih ke arah kiri maka bengkokkan ke arah kanan, demikian pula sebaliknya.
Titik tunda adalah nyawa karena disinilah anda menyambungkan minnow dengan kenur anda. Jika anda mentargetkan ikan yang memiliki mulut yang kuat seperti GT (giant trevally) dan bulan-bulan, anda harus berpikir ulang untuk memilih minnow yang titik tundanya terpasang di moncong, kecuali minnow tersebut memiliki lidah yang kuat. Untungnya pada saat ini banyak pabrik yang telah mengeluarkan minnow yang sedemikian rupa. Titik tunda yang terpasang di lidah akan membuat minnow beraksi lebih baik dan menyelam lebih dalam dibandingkan dengan minnow yang titik tundanya terpasang pada moncong minnow.

Titik sambungan kail
Treble atau kail mata tiga merupakan salah satu faktor yang cukup penting dimana mata kail akan mempengaruhi gaya renang minnow tersebut. Maka dari itu berat mata kail haruslah menjadi pertimbangan jika hendak mengganti mata kail asli bawaan pabrik.
Titik sambungan kail jika dipasang pada titik keseimbangan minnow akan membuat minnow beraksi lebih baik, semakin jauh dari titik keseimbangan akan membuat minnow bergerak kacau dan tidak beraturan.
Titik sambungan kail ini hendaklah terpasang dengan kuat pada badan minnow, jika tidak mata kail akan tercabut saat bertarung dengan ikan yang perkasa. Jarak antara titik sambung kail ini haruslah agak berjauhan agar kail tidak “nyangkut”. Ada baiknya jika kita memilih minnow atau umpan buatan yang pemasangan titik tunda dan titik sambungan kail yang terbuat dari 1 kawat saja (wired trough) seperti pada beberapa minnow buatan jepang. Karena minnow yang demikiankah yang cukup kuat untuk bertarung dengan ikan predator bermulut kuat dan ganas. Akan tetapi, pada saat sekarang cukup sulit menemukan minnow yang sedemikian rupa. Tapi anda jangan khawatir, berkat teknik pembuatan minnow yang semakin modern minnow yang ada di pasaran sekarang cukup tangguh, asal anda tidak membeli minnow yang dibuat asal-asalan saja.

Demikian pembahasan minnow kali ini, semoga dapat membantu anda dalam memilih minnow dan mulai melakukan casting. bonk

(sumber “book of lures by Ron Calcutt and Tim Simpson” dan pengalaman penulis)

2 komentar:

  1. menarik bung pembahasannya namun saya ada sedikit pertanyaan yang selama ini sy simpan dalam pembuatan lure menyelamn sy selalu gagal apakah posisi memngapung membujur kemudian bibnya dari plastik ato dari plat seng,krn sy pernh coba dari seng plat posisi bib masuk keair shg bgian ekor naik dan ketika sy tes mgp loncat2 tidak menyelam,sy membuatya dr kayu packing. mohon ya ilmunya agar karya sy bisa sempurna.trima kasih.agung pare2.

    BalasHapus
  2. thx om agung yg udh mau mampir ke blog sy.sebelumnya sy mnt maaf karena br ngecek kembali blog sy yg memang sdh jarang sy buka. dan utk menjawab pertanyaan sy sebenarnya sy jg buka ahli dlm hal minow atau casting, jd menurut sy penggunaan bahan plastik n nnt didlm dimasukan timah yg nnt akan membuat minow tenggelam namun hanya sebatas 20-30 cm. sebenarnya sy jg bingung dng pertanyaan om agung tp mudah2an tdk salah. jika salah mohon koreksi n nnt dpt sy tanyakan keteman pemancing lainnya.thx

    BalasHapus